Kamis, 26 Februari 2015

Cara Sederhana Test American Star

 

  american star 1   american star

American Star adalah batu permata yang sengaja dibuat untuk menyerupai Ruby atau safir yang mempunyai Fenomena Asterism atau  “Nyeter”, Karena Ruby atau safir yang mempunyai Fenomena Asterism atau tampak nyeter kelihatan lebih indah dan harganya juga lebih mahal daripada yang lainnya.

 

Perhatikan Ruby star yang asli atau Natural di bawah ini :

 

  star ruby star ruby2  

Bagaimana cara mengenal American Star?

American star  bila kena lampu atau tidak  akan tampak terlihat star (bintang) pada permukaannya, sedangkan ruby star yang asli hanya akan tampak sternya bila terkena lampu.

 

American star bila dilihat secara cermat bagian dalamnya tidak terlihat (tak Transparant) sehingga serat-seratnya tidak tanpak.

 

Cara yang paling mudah adalah dengan menyenter bagian permata  dengan lampu senter atau penlight, maka akan terlihat warna menjadi Pink menyala dan tetap bagian dalamnya tidak terlihat. Bila ruby asli warna tidak berubah menjadi Pink menyala. Perhatikan gambar dibawah ini :

 

  ruby star ruby1  

 

Gambar di atas adalah American star, Kenapa tidak terlihat sternya??? Penyebabnya adalah bentuknya yang terlalu datar atau tipis. American star yang tanpak sternya adalah jika dalam bentuk cabochon dengan bagian atas cembung.

 

Gambar sebelah kanan adalah batu american star yang disenter dari belakang dan berubah warnanya menjadi Pink yang menyala.

 

Semoga Bermanfaat :

 

Wiryo
www.sinarpermata.wordpress.com

 

 

Link Terkait :

1.  Cara sederhana test keaslian Ruby

2.  Sinar Ultraviolet untuk test keaslian Ruby

3.  Hati-hati Membeli batu permata

4.  Nama istilah pada batu permata

5.  Perbedana sintetik natural dan imitasi

6.  Penlight berguna untuk deteksi Permata

7.  American star batu permata sintetis

 

 

 

 

 

 

0 Comments: