Selasa, 16 Juni 2015

Refractometer (alat untuk mengukur Indeks Bias).

 

  refractometer  
     

 

Refractometer adalah sebuah alat yang sangat diperlukan oleh para penilai batu permata, alat ini berfungsi untuk mengukur indeks bias batu permata.

Ketika dua batu permata yang sangat mirip baik sifat optik maupun fisik maka diperlukan suatu alat  yang dapat membedakan keduanya.  Perlu diketahui bahwa batu permata mempunyai indek bias, batu yang satu dengan batu yang lain memiliki indek biasnya masing-masing.

Untuk menggunakan  refractometer diperlukan cairan yang dinamakan cairan Refractive Indeks ( RI).  Cairan diteteskan pada lensa yang terletak pada bagian atas dan dioleskan secara merata, letakan batu permata di atas lensa tersebut, kemudian lihat dari lewat kaca teropong, cari skalanya (gelap-terang) berapa angka yang terlihat? itulah indeks biasnya.

 

refractometer 1 refractometer 2  
     
refractometer 4 refractometer 3  

 

Perhatikan urut-urutan searah jarum jam cara penggunaan refractometer, setelah diketahui angka yang terdapat pada skala ( angka skala di atas 1.51) kemudian cari batu apa yang mempunyai indek bias 1,51 dalam tabel indeks bias, gampang bukan?

alat ini masih sulit dibeli didalam negeri, padahal kalau beli diluar negeri harganya tidak begitu mahal. semoga suatu saat ada yang jual alat ini mengingat fungsinya yang sangat penting dalam penilaian batu permata.

  indeks bias  
     

Sekiranya tulisannya ini bermanfaat, bisa dishare ke orang lain, mohon didoakan juga agar  penulis selalu sehat dan murah rejekinya, Aamiin.

 

 

Wiryo
www.sinarpermata.wordpress.com

 

Link Populer lainnya

1. Cara sederhana test keaslian Ruby dan Safir

2. Perbedaan Safir dan Ruby

3. Macam-macam batu sintetis pada safir

4. Keunggulan Diamond Selector

0 Comments: